Film Kontroversial Yang Dilarang Tayang di Indonesia

Berjaya di negara asalnya, film-film ini justru dicekal penayangannya di Indonesia. Larangan tayang bagi film-film tersebut beragam, bisa karena isu seks, SARA, politik dan segala hal yang bertentangan dengan budaya ketimuran. Berikut adalah daftar film kontroversial yang dilarang tayang di Indonesia

Daftar Judul Film Kontroversial Yang Dilarang Tayang di Indonesia

50 Shades of Grey

Film Kontroversial Yang Dilarang Tayang di Indonesia

Daftar Film kontroversial yang dilarang tayang di Indonesia pertama yaitu ada 50 Shades of Grey. Pasti pada tau dong film yang satu ini. Film ini menceritakan tentang kisah kehidupan asmara Ana (Dakota Johnson) dan Grey (Jamie Dornan).

Bukan sekedar kehidupan asmara biasa, hubungan seks yang liar dan penuh dengan kekerasan lah yang jadi alasannya. Masalahnya hampir 50% isi film ini mengandung banyak adegan eksplisit seperti yang disebutkan di atas. Pantas aja kalo film ini gak lulus sensor yah.

Noah

Film Kontroversial Yang Dilarang Tayang di Indonesia

Nama Noah adalah sebutan untuk Nabi Nuh dalam bahasa inggris. Sesuai judulnya, film ini menceritakan tentang Nabi Nuh yang membuat perahu super gokil untuk menghindari bencana besar. Meski begitu, film yang satu ini ternyata juga dilarang tayang di Indonesia.

Alasannya adalah karena jalan cerita yang ditayangkan dalam film tidak sesuai dengan cerita asli tentang Nabi Nuh dalam kepercayaan umat islam di Indonesia. Karena itulah, daripada banyak mendapat cekalan, Lembaga Sensor Film Indonesia memilih untuk tidak meloloskan film Noah.

Irreversible

Film Kontroversial Yang Dilarang Tayang di Indonesia

Film yang ketiga ini memang tidak terlalu familiar di telinga masyarakat Indonesia. Sebab ketika film Irreversible ini rilis (2002), media sosial belum seramai sekarang ini. Film yang disutradarai oleh Gaspar Noe ini tidak lolos lembaga sensor film indonesia.

Apa alasanya? Ternyata alasannya adalah karena dalam film ini memunculkan adegan pemerkosaan. Bukan sekedar pemerkosaan biasa, melainkan pemerkosaan disertai dengan penganiayaan yang sadis dan brutal. Selain Indonesia, Selandia Baru juga melarang penayangan Irreversible.

True Lies

Film Kontroversial Yang Dilarang Tayang di Indonesia

Dianggap sebagai salah satu film action terbaik pada masanya. Film True Lies (1994) ini dibintangi oleh aktor laga legendaris, Arnold Schwarzneger. Walau begitu, rupanya film True Lies ini dilarang untuk tayang dan beredar di Indonesia.

Alasannya adalah karena penggambaran karakter teroris dalam film ini. Karakter teroris yang digambarkan dalam film ini sebagai sosok orang Arab yang identik dengan agama Islam. Ditakutkan hal ini memancing kontroversi di kalangan umat muslim di Indonesia.

The Year of Living Dangerously

Film Kontroversial Yang Dilarang Tayang di Indonesia

Berikutnya, The Year of Living Dangerously juga jadi salah satu film kontroversial yang dilarang tayang di Indonesia. Film yang disutradai oleh Peter Weir ini merupakan adaptasi dari novel larya C.J. Koch dengan judul serupa.

The Year of Living Dangerously dilarang tayang di Indonesia pada tahun 80-an. Hal tersebut dikarenakan tema film ini mengangkat isu politik G30S/PKI yang saat itu sangat tabu di tanah air. Meski dilarang tayang, peredaran VCD nya sempat masuk di Indonesia.

Balibo Five

Film kontroversial yang dilarang tayang di Indonesia berikutnya yaitu Balibo Five. Mengisahkan tentang mantan jurnalis senior bernama Roger East yang ingin menungkap misteri kematian rekannya. Rekan East tersebut adalah 5 orang wartawan yang tewas dalam peristiwa pemberontakan di Timor Timur.

Schindler’s List

Film Kontroversial Yang Dilarang Tayang di Indonesia

Schindler’s List merupakan sebuah film yang bercerita tentang kisah pembantaian umat Yahudi yang pernah dilakukan oleh pasukan Nazi. Seperti yang kita ketahui, sensitifitas Islam-Yahudi yang ada di Indonesia membuat film ini dilarang tayang di bioskop tanah air.

Murudeka

Film Kontroversial Yang Dilarang Tayang di Indonesia

Berikutnya, film kontroversial yang dilarang tayang di Indonesia ada Murudeka. Film ini bercerita tentang kisah kemerdekaan Indonesia. Namun yang menjadikan ini berbeda adalah, kisah ini diceritakan dari sudut pandang pemerintahan Jepang pada saat itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *